Anggota KPU

Baca Berita

9 Wartawan Asing Belajar Demokrasi dan RPP Ke Bangli

Oleh : kpubangli | 30 Juli 2018 | Dibaca : 351 Pengunjung

Bangli, kab-bangli.kpu.go.id - Meski keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli masih ‘’seumur jagung’’, diresmikan oleh Bupati Bangli (25/5) lalu. Sebanyak 9 orang wartawan dari enam negara di Asia Selatan seperti Bangladesh, India, Srilangka, Fiji, Kepulauan Solomon dan PNG Senin (30/7) mengunjungi KPU Kabupaten Bangli untuk belajar demokrasi dan RPP.

Rombongan jurnalis asing itu dipinpin Ahmad Fachruddin Hasan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Sebelum mengunjungi KPU Kabupaten Bangli, 9 orang wartawan yang tergabung dalam program Journalist Visit Program (JVP)  mengunjungi KPU, Jakarta, Yogyakarta, Labuan Bajo. Rombongan diterima Ketua KPU Kabupaten Bangli Dewa Agung Lidartawan, seluruh Komisioner dan Sekretariat KPU Kabupaten Bangli.

 Ahmad Fachruddin Hasan mengatakan, kedatangan wartawan sejumlah negara ke Bangli bertujuan untuk  belajar demokrasi dan RPP di Kabupaten Bangli. Setelah selesai melakukan kunjungan di Bangli, mereka akan kembali ke negaranya. Dimana mereka akan membuat tulisan yang bakal disebarluaskan tentang politik, demokrasi di Kabupaten Bangli. Pemilihan Kabupaten Bangli sebagai kunjungan, mengingat wilayah ini secara kultur dan budaya masih sangat kuat. Untuk itulah Bangli sengaja dipilih sebagai tujuan dari wartawan asing. Diharapkan, mereka bisa menceritakan kondisi politik, demokrasi di Bangli khususnya dan Indonesia umumnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Bangli Dewa Agung Lidartawan mengatakan dirinya berterimakasih dan memberikan apresiasi terhadap niatan sembilan orang jurnalis asing mengunjungi dan belajar demokrasi di KPU Kabupaten Bangli. Dikatakan, RPP sejatinya belum lama diresmikan. Dimana keberadaan RPP bukan saja di KPU Kabupaten Bangli. Namun sudah ada di seluruh KPU Kabupaten/kota di Bali, Provinsi dan pusatnya adalah KPU RI. Program RPP sejatinya baru dimulai oleh KPU RI sejak tahun 2015 lalu. Dimana Bangli baru diresmikan beberapa bulan lalu.

Namun demikian realisasi program RPP berupa voter education dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, memberikan pemahaman melek Pemilu serta menjadi pemilih yang cerdas. Sudah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bangli. Beberapa diantaranya seperti risetkepemiluan, diskusi kepemiluan serta aktivitas masal Pemilu meliputi gerak jalan sehat perempuan dan pemilih pemula tolak money politic, sosialisasi dengan segmen pemilih pemula,tokoh masyarakat, kaum disabilitas maupun kaum marjinal serta KPU Bangli Got Talent. (puj/gpr/foto:msd/kpubgl)


Oleh : kpubangli | 30 Juli 2018 | Dibaca : 351 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Anggota Sekretariat
Hubungi Kami









Skype Me�!
Skype Me�!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPU Bang li?
Twitter