Anggota KPU

Baca Berita

Pemilih Pemula di Bangli Deklarasikan Tolak Hoax, SARA dan Money Politic

Oleh : kpubangli | 23 Maret 2018 | Dibaca : 350 Pengunjung

Bangli, kab-bangli.kpu.go.id - Sekitar 250 orang pelajar di Kabupaten Bangli yang bakal menjadi pemilih pemula saat Pilkada serentak 27 Juni mendatang, melakukan deklarasi menolak berbagai bentuk hoax,  politik SARA dan money politic dalam setiap hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu).

Deklarasi yang diawali dengan pembacaan sikap yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti itu disaksikan Forkompimda Kabupaten Bangli, Pimpinan OPD, PNS dan seluruh penyelenggara di Kabupaten Bangli Jumat (23/3) di Lapangan Kapten Mudita Bangli.  Sebelum melakukan deklarasi, pemilih pemula beserta undangan lainnya melakukan jalan sehat serangkaian acara sosialisasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli, dengan jumlah peserta mencapai 500 orang.

Ketua KPU Kabupaten Bangli Dewa Agung Lidartawan mengatakan pihaknya memberikan perhatian  khusus terhadap berita tidak benar alias hoax dalam penyelenggaraan Pilkada serentak kali ini. Melihat karakter masyarakat Bali dengan toleransi masih tinggi, sejatinya pihaknya tidak terlalu merisaukan hoax ataupun sara. Namun demikian “perang” terhadap hoax dan politik SARA tetap penting dilakukan. Selain fungsinya untuk terus mengingatkan, pemilahan informasi oleh masyarakat mesti terus dilakukan. Apalagi perkembangan penyebaran informasi melalui media sosial akhir – akhir ini  terjadi begitu cepat.

Selain hoax dan politik SARA, pihaknya menaruh perhatian khusus dan antisipasi money politic. Menurutnya, kepolisian saat ini telah membentuk tim khusus menangani dan mengungkap money politic baik dalam Pilkada maupun Pemilu Tahun 2019.  Untuk itulah pemilih pemula sebagai generasi penerus bangsa wajib memahami dan diingatkan sejak awal. “Pemikiran siswa di sekolah masih simple, maka perlu diberikan pandangan yang benar bagi kemajuan demokrasi kita. Dari mereka yang hadir saat ini diharapkan sikap dan informasi yang benar ini menyebar ke keluarga, sahabat, serta pacar mereka,” tandasnya.

Lanjutnya, tujuan utama dirinya menyasar pemilih pemula, adalah untuk mengantisipasi agar generasi muda, tidak terobsesi dengan uang ditengah hajatan politik saat ini. Diharapkan, jika ada upaya money politic yang dilakukan oleh tim kampanye maupun pasangan calon, ada kaum muda yang mau melaporkan ke Panwas, KPU Kabupaten Bangli ataupun ke Kepolisian disertai dengan bukti - bukti. Dengan langkah seperti itu maka barulah peminpin Bangli maupun Bali kedepan benar-benar memiliki integritas dan kompetensi. (puj/gpr/foto:krs/kpubgl)


Oleh : kpubangli | 23 Maret 2018 | Dibaca : 350 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Anggota Sekretariat
Hubungi Kami









Skype Me�!
Skype Me�!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPU Bang li?
Twitter